News

Cerita Pramugari Yang Sering Digoda Penumpang

Pramugari, ketika mendengar nama ini yang ada di benak kebanyakan orang ialah sosok perempuan cantik, tinggi, dan selalu senyum untuk melayani penumpang. Tidak jarang jika para penumpang khususnya pria terkadang bersikap genit kepada para ‘model di udara’ ini ketika mereka melayaninya dengan ramah.

Reda Arifiano (20), seorang pramugari yang bertugas di salah satu maskapai ternama di Indonesia menceritakan pengalamannya kepada merdeka.com. Godaan yang dilakukan para pria di pesawat sering kali dialami olehnya. Namun demikian ia tetap berusaha untuk memberikan kenyamanan kepada para penumpangnya

“Biasanya sih yang paling sering itu penumpang minta kenalan, yah kita sih fine-fine aja. karena biar gimana kita harus tetap menjaga kenyamanan penumpang. Malah pernah pas udah landing itu ada yang ngejar gue sampe di bawah, sampe ditungguin, minta pin BB segala, yah gue kasih asal-asalan aja,” Ujar Reda, sambil tertawa saat dihubungi melalui ponsel selularnya, Jumat (11/1) malam.

Wanita yang baru enam bulan menjalani profesi ini menuturkan, tugasnya sebagai peramugari mempunyai beban di pundaknya untuk tetap dapat menjaga keselamatan dan kenyamanan penumpangnya. Meskipun pelecehan seksual sering kali dialaminya.

“Ada banyak ciri penumpang di pesawat, ada yang baik, ada yang pemarah ada juga yang jahil. terkadang mereka ada yang berani nyolek pinggul kita secara sengaja ada juga yang tanganya ditaruh di pinggir kursi agar biar dikira tidak sengaja menyentuh kita. Yah mau gimana lagi kita tetep gak bisa marah dan hanya bisa tersenyum saja karena penumpang adalah raja,” ungkap Reda.

Reda mengatakan, seorang pramugari juga harus siap sedia untuk menangani masalah apapun itu yang terjadi di pesawat. Tidak jarang para pramugari pun mendapatkan cacian oleh para penumpang akibat keterlambatan pesawat (delay) yang berangkat tidak sesuai dengan jadwal yang ada.

“Yang makan hati tuh kalau delay, kita pasti dimaki-maki penumpang. Pernah senior gue dijambak penumpang karena pesawat delay, mungkin karena sudah kesal kali tuh penumpang. Kalo delay suka berantemlah, soalnya biar pun kita minta maaf penumpang tetap aja gak mau ngertiin kita,” terangnya.

“Tapi giliran kita kalau kesal sama penumpang kita gak bisa marah. Misalnya ada penumpang yang terlalu banyak membawa barang dan memasukkan di loker dia atas kursi pastinya mereka minta bantuin kita untuk mengangkat. Pramugari bukan bagian angkat tas atau barang tapi merapikan barang,” sambung Reda.

Banyak masyarakat menilai pekerjaan sebagai seorang pramugari terlihat enak dan mewah. Memiliki gaji besar, fasilitas menginap di hotel berbintang di kota tujuan penerbangan hingga bisa bergaul dengan kalangan atas atas sering disebut kalangan sosialita.

“Prinsip gue sih sebagai pramugari yaitu ‘Pramugari bukan wanita gampangan’,” tegasnya.

Sumber: merdeka.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s