Tips

Ini Dia….. Trik Dan Tips Sukses Melalui Walk-In Interview

original
Artikel ini diambil dari kompasiana.com ditulis oleh : Bani Ratmilia (ex pramugari Garuda Indonesia)

Menjalani Walking Interview

Beberapa pekerjaan seperti staff marketing (pegawai pemasaran), sales representative (staff penjualan), sales promotion girls (gadis2/staff penjualan u promosi), dan sebagainya sering melaksanakan Walking Interview, dimana calon tenaga kerja diminta datang kekantor membawa data diri dan pada hari yang sama dilaksanakan wawancara (interview) langsung.

Tahapan interview adalah bagian dari proses perekrutan calon pegawai dan biasa dilakukan setelah melalui test-test sebelumnya, seperti test tertulis atau test psikologis. Namun dalam perekrutan yang memerlukan kecepatan penambahan pegawai, walking interview lazim diadakan dengan cara membuat pengumuman atau iklan di media cetak.

Posisi yang ditawarkan dalam walking interview sangat beragam, dan hal ini menguntungkan bagi pencari kerja yang belum mempunyai pengalaman kerja. Walking interview memberi banyak manfaat bagi mereka yang baru didunia kerja dan secara tidak langsung menyediakan ajang try-out (mencoba) kemampuan menembus test interview. Mencoba melamar pekerjaan melalui walking interview, memberi keuntungan bagi pelamar kerja, dimana mereka bisa ‘berkenalan’ dengan suasana yang dihadapi dalam wawancara kerja, melihat competitor (pesaing) calon-calon pekerja lainnya dan dapat mempersiapkan bagaimana menghadapi proses wawancara itu dengan percaya diri.

Photo 9 Woman smile interview

Berikut trik & tips (TRIPS) untuk sukses melalui walking interview.

  • Siapkan penampilan dengan cermat, sehingga pada saat interview, konsentrasi tidak terganggu oleh masalah penampilan. Tampil apa adanya, kenakan busana yang simple dan serasi, TIDAK berdandan berlebihan, apalagi berusaha untuk tampil ‘sexy’.

  • Berangkat jauh lebih awal dari waktu yang ditentukan, agar tiba tepat waktu. Hal ini diperlukan untuk mempersiapkan diri, agar bisa merasa nyaman dan tenang sebelum waktu interview.

  • Isilah formulir data diri dengan rapih, lengkap dan sarat informasi. Penting untuk menyampaikan informasi yang cukup pada perusahaan, untuk menunjukkan kwalitas dan prestasi calon pekerja, apakah layak untuk diterima. Tulis prestasi yang pernah dicapai, keahlian yang dikuasai, pengalaman kursus-kursus profesi, pengalaman organisasi, dll. Jika belum punya ‘sesuatu’ yang menambah ‘bobot’ potensi, tulislah kwalitas diri yang bisa dipakai sebagai modal saat anda bekerja, seperti Biasa bekerja keras, semangat, kreatif dan sebagainya, asalkan semua yang disampaikan itu jujur.

  • Perhatikan sikap dan kata-kata. Ucapkan salam, terima kasih, juga maaf pada tempatnya. Sikap dan gaya berbicara bisa menjadi ukuran pewawancara dalam ’membaca’ sifat calon pekerja. Pada saat berjabat-tangan lakukanlah dengan tegas tapi tidak terlalu kuat. Duduk dengan tegak dan luwes, serta tangan atau tubuh tidak banyak bergerak yang tidak perlu.

  • Tunjukkan semangat (full energy) dan optimisme (optimism) dalam menjawab tiap pertanyaan. Pelamar dengan jawaban cerdas, cepat dan tepat, biasanya akan memenangi walking interview. Tunjukkan bahwa anda siap bekerja secepatnya dan yakinkan bahwa anda mampu menjalankan pekerjaan ditawarkan.

  • Selalu pelajari terlebih dahulu tentang pekerjaan yang ditawarkan, juga tentang perusahaan tersebut. Kumpulkan informasi dan referensi dari internet. Pikirkan masak-masak alasan mengapa anda menginginkan jenis pekerjaan itu? Kenapa anda melamar keperusahaan tersebut. Karena kebulatan tekad anda untuk bekerja akan mempengaruhi ketegasan (tidak ragu-ragu) saat menjawab pertanyaan.

  • Tenang dan tidak gugup menjawab pertanyaan-pertanyaan dilematis dan represif. Pertanyaan-pertanyaan semacam itu sering disampaikan untuk melihat jawaban spontan yang mencerminkan cara berfikir calon karyawan. Misalnya pertanyaan tentang : pindah kerja ”bukankah itu bisa dikatakan anda tidak loyal?”, tentang ; gaji ”bagaimana jika gaji anda lebih kecil dari dulu?”. Ingatlah untuk tidak terjebak pada jawaban emosional dan kekanak-kanakan seperti : ”kantor saya yang dulu tidak menyenangkan” atau ”tidak apa-apa gaji lebih kecil asalkan hati senang”. Semua itu hanya menggambarkan bahwa anda tengah mencoba-coba dan tidak serius menginginkan pekerjaan itu. Perusahaan hanya tertarik pada orang yang bersungguh-sungguh dan bertanggung-jawab. Yang terbaik adalah menjawab dengan diplomatis namun penuh keyakinan.

  • Pandang pewawancara dengan tatapan yang wajar (eye contact). Tidak memandang dengan tajam karena ingin tampak percaya diri atau terlalu banyak berkedip yang menunjukkan kegugupan. Tampilkan wajah yang ramah (pleasant face). Ini dapat dibiasakan dengan berlatih didepan kaca, walaupun pada kepribadian tertentu, wajah ramah ini selalu terlihat natural, tanpa harus berlatih yang kadang justru membuat keramahan seseorang tampak dibuat-buat.

  • Ingatlah untuk tetap sopan dan rendah hati. Tidak terlalu ‘tinggi’ menceritakan prestasi dan tidak menambah-nambahkan ‘kelebihan’ anda. Sampaikan semua dengan humble (rendah hati). Tidak perlu khawatir pewawancara tidak tahu tentang ”kehebatan” anda. Bukankah semua ditulis dalam daftar riwayat hidup (CV). Pelamar hanya perlu tampil tenang dan yakin untuk memperkuat apa-apa yang ditulis dalam daftar riwayat hidup.

Interview Infographic Post

Bila telah melaksanakan langkah-langkah persiapan dengan maksimal dan telah melalui interview dengan sebaik-baiknya, keluarlah dari tempat interview dengan hati yang besar. Tak perlu terlalu terbawa dengan suasana tegang dan perasaan tertekan didalam ruang interview. Tunggu kabar dengan optimis dan terus hunting (berburu) pekerjaan dengan bersemangat.

Angka pengangguran di Indonesia sekarang mencapai 40 juta orang. Memang harus terus berusaha, terus menambah keahlian dan kemampuan profesi sampai seseorang berhasil mendapatkan pekerjaan yang diidamkannya. Walking interview adalah salah satu cara terbuka untuk mendapatkan kesempatan kerja. Persiapkan dengan matang. Good Luck!

3 thoughts on “Ini Dia….. Trik Dan Tips Sukses Melalui Walk-In Interview

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s