News

Garuda Siap Angkut Daging Sapi dari NTT & NTB ke Jawa

PT Garuda Indonesia Tbk mengaku siap membantu program kementerian pertanian mengangkut daging sapi beku dari sentra penghasil sapi di Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Nusa Tenggara Barat (NTB).

Hal tersebut merujuk permintaan Menteri Pertanian Suswono yang akan menggandeng maskapai dalam negeri seperti Garuda Indonesia untuk memangkas biaya distribusi dan efisiensi waktu distribusi daging ke Jawa maupun wilayah lainnya.
“Secara prinsip Garuda dapat membantu rencana pengangkutan daging tersebut,” tutur Vice President Corporate Communications Garuda Indonesia, Pujobroto kepada detikFinance, Kamis (27/12/2012).

Untuk pengangkutan tersebut, Garuda telah menyediakan space atau kargo khusus setiap hari.

“Saat ini, setiap hari Garuda terbang dengan pesawat B 737-800NG ke Kupang, dan Garuda mempunyai kapasitas untuk mengangkut kargo/mengangkut daging dari Kupang sekitar 4-5 ton,” tambahnya

Untuk rencana itu, Garuda perlu mempersiapkan proses pengiriman dengan baik supaya kondisi daging tetap terjaga dengan baik.

“Namun demikian berkaitan penerbangan ke atau dari Kupang relatif cukup jauh maka perlu penanganan pengiriman yang baik, sehingga kondisi daging akan dalam keadaan baik pada saat tiba di tempat tujuan,” paparnya.

Terkait wacana pemerintah itu, Garuda belum diajak bicara oleh Menteri Pertanian Suswono termasuk soal keringan tarif. “Sejauh ini belum ada pembicaraan berkaitan rencana pengangkutan tersebut,” sebutnya.

Sebelumnya, Suswono berencana mengajak maskapai BUMN seperti Garuda Indonesia dan Merpati Nusantara Airlines untuk mengangkut
daging dari daerah penghasil.

Hal tersebut dilakukan mulai tahun 2013 untuk menyelesaikan tingginya biaya logistik pengangkutan daging di Indonesia seperti dari NTT dan NTB.

Untuk rencana itu, pemerintah berharap maskapai plat merah itu, bisa memberikan insentif berupa potongan harga biaya pengangkutan yang diambil dari dana program tanggung jawab sosial atau Corporate Social Responsibility (CSR).

“Katakanlah garuda bisa memberikan insentif penurunan tarif seperti thai airlines. Thai airlines itu memberikan potongan harga untuk produk pertanian,” tutur Suswono.

Sumber: Detik.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s