News

Waduh! Maskapai Ryanair Dituding Palsukan Berat Pesawat

Frankfurt – Lagi-lagi maskapai murah Irlandia Ryanair membuat sensasi. Regulator penerbangan Jerman menuding maskapai ini memalsukan data berat pesawat untuk menghindari biaya lalu lintas udara senilai jutaan dolar

Padahal, Ryanair mendulang ribuan dolar dari biaya kelebihan bagasi para penumpang. Kini, pengawas penerbangan Jerman, Deutsche Flugsichering menyelidiki kasus Ryanair ini.

Seperti dilansir News Australia, Ryanair memalsukan berat take-off pesawat Boeing 737-800. Ryanair mencantumkan 8 ton, padahal diduga lebih dari itu.

Kenapa demikian? Dengan tidak melaporkan kelebihan berat pesawat, Ryanair tidak membayar US$ 21 per penerbangan. Totalnya, Ryan Air menghindari membayar US$ 65 juta.

Majalah kargo terkemuka, Cargo Forwarder melaporkan, pengawas penerbangan Jerman curiga. Pesawat milik maskapai yang punya kalender seksi pramugari ini memiliki bobot lebih ringan dari pada pesawat berjenis sama milik maskapai lain.

“Ini kejadian dari beberapa kali pemeriksaan di lapangan terhadap penerbangan Ryanair dari dan ke Jerman, khususnya di hub mereka di Bandara Frankfurt-Han. Hasil dari pemeriksaan ini sudah dibawa ke otoritas penerbangan dan mereka meragukan berat pesawat yang dilaporkan Ryanair,” tulis mereka.

Atas tudingan ini, Ryanair angkat bicara. Menurut mereka, Ryanair tidak akan berkomentar dengan rumor dan spekulasi. Pesawat Boeing 737 milik mereka sesuai dengan ketetapan berat pesawat dari Boeing dan mendapat sertifikat otoritas penerbangan Irlandia, Irish Aviation Authority (IAA).

“Kami tidak akan mengomentari penerbangan tertentu, tapi kami dengan senang hati menjelaskan pertanyaan dari EuroControl langsung dengan mereka dan selalu begitu,” kata Ryanair.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s